Thursday, May 8, 2014

Manajemen Waktu

  Manajemen Waktu




Perubahan nyata dalam hidup Anda akan tercapai, jika Anda memulai dengan belajar bagamana secara efesien mengelola waktu Anda. Orang sukses mengetahui bagaimana mengelola waktu dan secara otomatis mengetahui bagaimana mengelola hidup. Manajemen Waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, efektif dan efesien, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup Anda. Kualitas hidup Anda tergantung pada manajemen yang cerdas dari pengelolaan waktu, bukan ditentukan oleh jumlah ENERGI yang dikeluarkan pada aktifitas yang dilakukan.







STAR>>>>>>>>


Ini adalah langkah awal Anda untuk merubah kehidupan, bulatkan tekad dan siapkan diri Anda secara fisik, mental, pikiran dan perasaan untuk melakukan perubahan menuju kehidupan yang tertata kelola dengan baik. Awal langkah perubahan ini Anda mulai menyusun secara jelas dan tegas tentang TUJUAN hidup, apa yang Anda ingin capai, dapatkan, raih dan nikmati dalam kehidupan ini, susun tujuan Anda dalam sebuah rencana Jangka Panjang , tetapkan secara jelas apa yang ingin Anda capai secara keseluruhan dalam hidup ini, dan mulai susun sebuah Rencana Aksi (Daftar Tugas sederhana) yang merupakan langkah-langkah terperinci dan sitematis dalam waktu pendek (aksi harian, aksi mingguan, aksi bulanan), semua rencana aksi ini akan mengarahkan kepada pencapaian Tujuan jangka Panjang. Dalam penyusunan Rencana Aksi sebaiknya diperhatikan susunan langkah yang berdasarkan penilaian :
  • Urgensi dan Kepentingan, disusun berdasarkan penting dan mendesak yang akan membuat pengaruh terbesar dalam hidup dan pencapaian Tujuan;
  • Skala Prioritas, setiap daftar tugas disusun berdasarkan prioritas yang akan disusun menjadi skala yang berkesinambungan;
  • Batas Waktu, tentukan tenggat bata yang jelas dan terukur dalam menentukan tujuan, rencana aksi yang harus dicapai sampai batas waktu tertentu dengan jelas.


Proses ini menghasilkan rencana dengan daftar tugas atau kalender kegiatan (dimana penyusunan penilaian ini akan mengarahkan Anda lebih fokus dan dapat melakukan kegiatan yang berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan ).





GOAL>>>>>>>>>

Penelitian secara konsisten menunjukan bahwa ketika Tujuan yang jelas akan membawa hasil yang jelas dalam pencapaian Tujuan kehidupan Anda, dan bisa dicapai lebih mudah dan cepat secara sadar atau tidak, hal ini akan tertanam dalam alam bawah sadar. Tujuan dibuat harus secara spesifik, positif, penuh rasa syukur, Keyakinan, penuh dengan hasrat positife dan alasan yang powerfull. Dalam pengaturan waktu, Anda harus bisa:

  • Menetapkan tujuan yang tegas dan jelas secara jangka panjang dan sebuah rencana aksi yang akan memprogram jalan menuju pencapaian Tujuan hidup;
  • Merencanakan dan memprioritaskan kegiatan setiap hari dengan cara produktif dan lebih efesien;
  • Mengatasi segala kejadian yang menyebabkan penundaan dengan cepat;
  • Menangani krisis secara efektif dan cepat;
  • Mengatur pola kegiatan dan ruang lingkungan yang nyaman, sehingga bisa mendukung rencana aksi;
  • Menerapkan dan memilih cara-cara pelaksanaan rencana aksi, dan bila tidak tertangani coba meminta bantuan untuk delegasikan sebagian tugas secara efektif dan efesien;
  • Pergunakan waktu dengan menjalankan ritual (tidur,relaksasi, pola makan, olah raga...dll) secara normal dan wajar untuk membuat kehidupan yang seimbang;
  • Mulai lakukan perubahan secara mendasar dengan melatih diri, jiwa, perasaan melalui proses AFIRMASI sehingga Anda mempunyai self image dan menjadi person yang lebih baik dan efektif.


Untuk bisa menjalankan semua ini, Anda harus bisa mengidentifikasi dan intropeksi diri mengarahkan pandangan tentang kehidupan yang selama ini sudah dijalankan, apakah selama ini telah di dapat dan dimana hal-hal yang harus dirubah, terutama :

Apa pemborosan waktu terbesar???...................................................

Apa yang selama ini lakukan dalam mengatur waktu kehidupan???........

Apakah Anda bisa lebih baik dari saat sekarang???..............................
Luangkan waktu sejenak untuk membahas dan memikirkan jawaban pertanyaan ini dan catat di buku jurnal Tujuan sebagai pengingat untuk melakukan perubahan dengan menerapkan Manajemen Waktu.



No comments: